Perhatikan Hal Ini Ketika Memilih Kambing Aqiqah

JASA AQIQAH YANG TERPERCAYA DAN BERPENGALAMAN

Ibadah aqiqah adalah ibadah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika seorang anak dalam agama Islam lahir. Aqiqah dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah menganugerahkan seorang anak. Dalam proses ibadah aqiqah dilakukan penyembelihan hewan ternak, bisa berupa kambing atau domba. Untuk jumlah hewan ternak yang disembelih pun disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Jika anak yang lahir adalah anak laki-laki, maka menggunakan 2 ekor kambing aqiqah. Namun jika seorang anak perempuan yang lahir, maka cukup 1 ekor saja.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits, “Semua anak yang lahir tergadaikan dengan aqiqahnya.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa-i)

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kambing Aqiqah

Setelah kambing atau domba disembelih, dagingnya dimasak terlebih dahulu baru dibagikan. Yang menerima olahan akikah ini biasanya adalah tetangga, kerabat, atau orang membutuhkan. Untuk pelaksanaan aqiqah sendiri bisa dilakukan di hari ke-7 setelah anak lahir. Namun juga bisa dilakukan pada hari ke-14 atau ke-21. Sebagai orang tua, pastinya ingin memberikan acara aqiqah yang benar-benar sempurna bukan? Demi mendapatkan acara yang berjalan lancar dan memuaskan para tamu undangan. Tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Misalnya olahan apa yang akan disajikan untuk tamu undangan, berapa tamu yang akan diundang, sampai pemilihan kambing. Membahas kambing aqiqah, tentunya juga tidak bisa asal dipilih. Sebab hal ini akan berdampak pada olahan dan nilai syariat aqiqah. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi orang tua untuk bisa memilihkan kambing mana yang tepat untuk digunakan aqiqah.

Supaya tidak salah dalam membeli kambing aqiqah. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan secara lebih baik lagi.

  1. Mata

Hal pertama yang bisa diperhatikan sebelum membeli kambing untuk ibadah aqiqah adalah dari segi mata. Perhatikan dengan baik bahwa mata kambing yang akan dipilih bisa fokus dan mampu melihat jelas. Apabila kedua hal tersebut terpenuhi, maka bisa dipastikan bahwa kambing tersebut dalam keadaan yang sehat. Pandangan mata kambing yang fokus, menandakan jika kambing tersebut memang mampu melihat jelas. Jika Anda mendapati kambing yang berwarna merah matanya. Artinya kambing tersebut dalam keadaan yang tidak sehat.

  1. Gigi & Kuku

Anda juga harus memperhatikan bagian gigi kambing yang akan dipilih. Rahang gigi kambing sehat pastinya kuat, karena digunakan untuk mengunyah makanan. Hampir sepanjang hari kambing akan makan, bahkan pada saat tertidur pun terlihat seperti sedang makan. Gigi yang kuat artinya sanggup untuk makan setiap harinya. Kemudian dari segi kuku kambing juga perlu diperhatikan. Kuku kambing yang bersih menjadi salah satu faktor penting bahwa kambing tersebut layak digunakan aqiqah. Selain itu kuku bersih, artinya kambing tersebut sehat dan terbebas dari cacing. Untuk cacing sendiri bisa berkembang di dalam kuku kambing. Jika dikonsumsi akan berbahaya dan membuat penyakit.

  1. Anggota Tubuh Lengkap

Selain itu, Anda juga harus mengetahui dengan baik kelengkapan anggota tubuh kambing itu sendiri. Pastikan dengan baik bahwa tanduk, telinga dan bagian anggota tubuh lain tidak ada cacat atau hilang. Kelengkapan anggota tubuh kambing yang akan digunakan untuk aqiqah menjadi salah satu syarat kambing aqiqah layak. Apabila Anda merasa kesulitan, maka bisa meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah pernah membeli kambing sebelumnya. Biasanya mereka bisa membantu mendapatkan kambing sehat dan sesuai syariat. Tetapi jika Anda memilih sendiri, maka sebaiknya pastikan langsung dengan mendatangi lokasi kandang kambing.

  1. Punggung

Bisa dikatakan hampir semua orang yang membeli kambing untuk kebutuhan aqiqah menginginkan daging dalam jumlah banyak. Dengan begitu orang yang akan memasak bisa menjadi lebih bersemangat. Selain itu jika jumlah daging kambing banyak, maka porsi yang didapatkan pun akan semakin banyak juga. Untuk mengetahui apakah kambing tersebut memiliki daging dalam jumlah banyak atau tidak bisa dilihat dari bagian punggung dan paha. Jika kambing tersebut memiliki punggung besar, menandakan bahwa kambing tersebut mempunyai daging jumlah banyak. Kambing ideal dan sudah cukup umur, biasanya mempunyai berat 30 – 40kg. Apabila lebih berat, maka lebih baik. Lain hal jika kambing mempunyai ukuran berat badan kurang, bisa jadi belum cukup usia atau sedang sakit.

  1. Jangan Membeli Daging Kambing Potong

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa ibadah aqiqah adalah menyembelih kambing. Bukan membeli daging kambing yang sudah dipotong-potong. Membeli daging kambing potong memiliki risiko yang cukup besar lho. Ini karena Anda tidak tahu bagaimana proses penyembelihannya, kambing seperti apa yang disembelih, dan lainnya. Selain itu juga tidak tahu apakah kambing tersebut disembelih sesuai syariat yang tepat atau tidak. Jika kambing yang disembelih tidak menyebut nama Allah, membuat daging kambing menjadi tidak halal untuk dikonsumsi. Salah satu syariat mengolah daging kambing aqiqah adalah disembelih sesuai syariat.

  1. Jangan Tertipu dengan Harga

Beberapa peternak kambing mungkin bisa memberikan penawaran harga murah kepada calon pembeli. Perlu diketahui bahwa harga yang ditawarkan terkadang belum tentu sesuai dengan kualitas kambing. Oleh sebab itulah jangan asal percaya. Apabila Anda mendapatkan penawaran harga murah, maka pastikan apa yang membuat harga kambing tersebut menjadi murah. Apakah karena memang sedang ada promo atau tidak. Meskipun kambing memang memiliki harga yang cukup terjangkau. Antara 1.5 juta sampai 5 juta. Namun tetap pastikan untuk membuat pertimbangan terlebih dahulu.

  1. Memilih Peternak Berpengalaman

Yang terakhir adalah pastikan untuk bisa memilih peternak kambing berpengalaman. Dengan memilih peternak kambing terbaik, maka Anda bisa mendapatkan kambing aqiqah yang tepat dan sesuai syarat kambing aqiqah. Peternak kambing memang ada banyak dan membuat menjadi mudah dalam memilih peternak ini. Namun bukan berarti bisa asal pilih begitu saja. Terdapat beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum melakukan pemilihan peternak kambing ini. Misalnya dari segi reputasi, harga yang ditawarkan, jenis kambing, dan masih banyak lainnya. Apabila Anda merasa kesulitan, bisa membawa teman atau kerabat yang sudah pernah membeli kambing.

Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik supaya bisa mendapatkan kambing aqiqah terbaik dan sehat. Bagi Anda yang tidak ingin repot menyembelih kambing sendiri. Sekarang ini sudah banyak layanan jasa aqiqah yang siap membantu. Dengan memesan paket aqiqah di layanan ini, maka Anda tidak hanya tidak menyembelih. Namun juga tidak harus kebingungan mengolah daging kambing. Sebab semua prosesnya mengolah daging kambing sudah dikerjakan oleh layanan jasa aqiqah tersebut. Layanan aqiqah ini bisa menyediakan berbagai macam menu olahan daging kambing lengkap dengan nasi. Dimana nantinya dikemas dalam nasi box, sehingga bisa lebih mudah untuk dibagikan kepada tetangga, kerabat, dan yang lainnya. Tetapi pastikan untuk memilih layanan jasa aqiqah yang tepat dan sudah berpengalaman.