Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing Bagi Kesehatan

jasa aqiqah

Daging kambing menjadi salah satu daging merah yang umum dikonsumsi secara luas di seluruh dunia. Konsumsi daging kambing menempati hampir 65% dari total konsumsi daging merah secara total di seluruh dunia. Beberapa negara di Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan lebih memilih daging kambing daripada daring merah lain. Di Karibia serta daerah tropis lain pun juga populer mengonsumsi daging kambing. Bahkan di Indonesia pun cukup umum untuk dijadikan santapan lezat. Misalnya dijadikan gulai, sate, tongseng, semur, kari, dan menu daging kambing lainnya. Ketika perayaan Idul Adha, daging kambing menjadi semakin populer sebagai daging qurban. Selain rasa yang lezat dan khas, nyatanya daging kambing memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daging kambing mempunyai banyak kandungan gizi.

Baca juga : konveksi kaos anak muslim

10 Manfaat yang Didapatkan dari Mengonsumsi Daging Kambing

Meskipun mengonsumsi daging kambing menjadi pantangan untuk beberapa orang. Akan tetapi mengonsumsi daging tidak selamanya buruk kok. Manfaat daging kambing bisa didapatkan asal cara mengolah benar dan dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Berdasarkan data U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram daging kambing mengandung kalori paling sedikit 143kkal dibandingkan daging ayam dan lainnya. Selain itu juga mengandung 27 gram protein, lemak cukup rendah sebesar 3gram. Tetapi kandungan kolesterol dalam daging kambing bisa dikatakan cukup tinggi, yakni sebesar 75mg. Daging kambing juga mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium, magnesium, kalium, sampai omega-3.

Ketika mengonsumsi daging kambing, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  1. Memelihara Massa Otot

Bagi seorang pria yang menginginkan tubuh atletis, maka mereka bisa mengonsumsi daging kambing untuk membangun massa otot. Ini dikarenakan daging kambing menjadi sumber protein atau asam amino yang sangat baik. Mengutip Harvard TH Chan School of Public Health, nutrisi ini sangat dibutuhkan supaya massa otot terjaga. Selain itu juga bisa meningkatkan stamina dan kekuatan otot. Daging kambing juga bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Setiap harinya, orang dewasa perlu memenuhi asupan protein sebanyak 50 – 70 gram, dan apabila tidak terpenuhi, maka bisa mengalami kekurangan protein. Apabila dibiarkan, hal ini akan mempercepat penyusutan massa otot seiring bertambahnya usia seseorang. Parahnya, jika dibiarkan akan meningkatkan seseorang mengalami sarcopenia. Yakni kondisi seseorang mengalami penipisan massa otot.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Kemudian daging kambing juga menjadi salah satu sumber kalium yang baik. Dalam 100 gram daging kambing, bisa mendapatkan sekitar 400mg kalium. Dimana setiap harinya membutuhkan asupan kalium sebanyak 4500 – 4700 gram. Dilansir dari American Heart Association, kalium sangat dibutuhkan tubuh untuk banyak hal. Misalnya mengatur detak jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Tetapi daging kambing juga menjadi sumber lemak jenuh dan kolesterol cukup tinggi. Jadi harus mengonsumsi makanan lain untuk bisa mendapatkan asupan kalium. Jadi ada baiknya untuk membatasi mengonsumsi daging kambing dan mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalium. Misalnya sayur dan buah.

  1. Mencegah Anemia

Di dalam 100gram daging kambing terdapat sekitar 3.5 – 4mg zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia. Seseorang bisa terkena anemia ketika sel darah merah atau hemoglobin berkurang saat kekurangan zat besi. Apabila dibiarkan hal ini akan membuat organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen. Hal ini pun kemudian akan mengganggu fungsi. Nyatanya wanita lebih rentan terkena anemia karena mengalami menstruasi dan kehamilan. Dengan mengonsumsi daging kambing maka wanita akan terhindar dari anemia yang bisa memunculkan berbagai macam gejala. Misalnya lemah, letih, dan lesu yang akan mengganggu aktivitas harian.

  1. Mengandung Zat Anti Kanker

Mengonsumsi daging kambing juga bisa membuat seorang pria terhindar dari kanker prostat. Bisa dikatakan jika kanker ini cukup berbahaya bagi pria. Selain itu kanker prostat memang hanya menyerang kaum pria saja. Oleh itulah disarankan menyajikan olahan daging kambing untuk suami, namun jangan setiap hari ya. Daging kambing mengandung asam linoleate dan selenium maupun kolin. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, asam linoleate bermanfaat untuk mencegah terbentuknya kanker dan peradangan lainnya. Jika pria mengonsumsi daging kambing dengan jumlah tepat, maka gangguan kesehatan seperti kanker prostat tidak akan mudah dialami.

  1. Sumber Energi

Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi sate kambing? Jika iya, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang pas. Apabila Anda ingin melakukan aktivitas sehari-hari tanpa hambatan, pastinya tubuh membutuhkan energi. Daging kambing menjadi salah satu pilihan sumber energi baik untuk tubuh dan bisa dijadikan lauk makan siang. Tidak hanya itu saja, daging kambing juga memiliki nutrisi lain. Diantaranya adalah lemak, protein dan kalori yang bisa memberikan energi cukup. Dengan begitu tubuh tetap menjadi sehat setelah mengonsumsi daging kambing.

  1. Mencegah Disfungsi Ereksi

Jika dilihat sekali lagi nilai gizi daging kambing, masih banyak manfaat yang cukup baik untuk tubuh. Salah satu manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi daging kambing oleh pria adalah bisa membantu mengatasi gangguan inflamasi di pembuluh darah. Apabila terjadi inflamasi di pembuluh darah, tepatnya pada penis teratasi, maka mampu membuat pria ereksi dengan sempurna. Dengan begitu bisa mencegah disfungsi ereksi yang bisa membuat rumah tangga tidak harmonis. Namun harus tetap diingat untuk mengonsumsi daging kambing sesuai takaran supaya khasiatnya bisa didapatkan dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Rendah Kalori

Dalam daging kambing terdapat kalori sangat rendah apabila dibandingkan dengan jenis daging merah lain. Asupan total kalori 100gram daging kambing hanya 122 kkal. Di sisi lain, ayam mengandung 162 kalori. Daging kambing sekitar 180 kalori dan daging sapi mempunyai 178 kalori. Rendahnya kalori dalam daging kambing bisa membantu mengurangi perkembangan penyakit yang berkaitan dengan jantung.

  1. Membantu Membakar Lemak Berlebih

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa vitamin B dalam daging kambing bisa membantu membakar lemak berlebih dan membandel dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daging kambing tinggi protein, sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet dan obesitas.

  1. Baik Untuk Anak-Anak

Seperti yang sudah diketahui bahwa daging kambing juga mengandung asam lemak omega-3, dimana nutrisi ini baik untuk anak-anak penderita autisme. Ini dikarenakan kadar zat besi tinggi, yang mana bisa mencegah anemia. Selain itu kalsium juga memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kandungan vitamin B12 yang ada di dalam daging kambing pun bisa membantu meredakan stress dan depresi. Oleh karena itulah, Anda bisa mengonsumsi daging kambing ketika merasa stress atau sedang depresi. Namun pastikan untuk mengonsumsi dalam jumlah tepat dan tidak berlebihan.

Nah itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsi daging kambing. Namun baiknya juga jangan mengonsumsi daging kambing dalam jumlah berlebihan. Sebelum mengonsumsi daging kambing ini pun pastikan sudah dimasak dengan benar agar khasiatnya tetap terjaga.